Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan penggunaan LED bar di stoplamp mobil menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 58 tentang lalu lintas dan angkutan umum

Ritonga, Ari Arsyad (2023) Penerapan penggunaan LED bar di stoplamp mobil menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 58 tentang lalu lintas dan angkutan umum. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia dalam berkendara tidak sedikit pengendara yang tidak menaati peraturan dalam berkendara baik. Seiring dengan perkembangan zaman, kendaraan bermotor pada dulunya berfungsi sebagai sarana transportasi, kini kendaraan bermotor bahkan menjadi alat atau gadget untuk memenuhi kebutuhan hobi dari pemilik kendaraan tersebut, yang pada akhirnya mereka melakukan perubahan kendaraan sesuai dengan selera dan keinginan dari pemilik kendaraan tersebut yang kemudian kendaraan tersebut menjadi berbeda seperti bentuk aslinya. Adapun rumusan masalah yaitu Bagaimana penerapan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 279 di Kota Padangsidimpuan? Bagaimana dampak penggunaan Led Bar Stop Lamp pada pengendara Lalu lintas Di Kota Padangsidimpuan? Bagaimana upaya dalam penanggulangan penggunaan Led Bar Stop Lamp pada pengendara Lalu lintas Di Kota Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Field Research) yang dilakukan langsung kelapangan untuk memperoleh informasi dan data yang akurat serta fakta-fakta yang sebenarnya terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah melaksanakan kebijakan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan, melaksanakan kebijakan dengan melakukan penelitian dan analisis terhadap kecelakaan untuk memahami penyebabnya dan mengidentifikasi langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil terkhusus pemasangan LED BAR stoplamp pada mobil. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penerapan dan jenis sanksi yang dikenakan terhadap pengemudi kenderaan bermotor yang melanggar Pasal 279 yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan di Kota Padangsidimpuan pihak Kepolisian Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Kota Padangsidimpuan terlebih dahulu memperingati serta membina masyarakat untuk tidak menggunakan LED BAR Stoplamp pada kenderaan bermotor yang dapat mengganggu pengguna kendaraan lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan Khoiruddin Manahan Siregar, M.H
Keywords: Undang-Undang No. 22 Tahun 2009; LED BAR; Stoplamp
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:39
Last Modified: 25 Jun 2024 07:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10597

Actions (login required)

View Item View Item