Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan metode student of facilitator and explaining Kelas XII Keagamaan di MAN 1 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan

Harahap, Anni Holila (2024) Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan metode student of facilitator and explaining Kelas XII Keagamaan di MAN 1 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Student Of Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XII Keagamaan di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah disebutkan dalam rumusan masalah di atas. Latar belakang penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini disebabkan siswa yang masih pasif dalam belajar, siswa juga tidak mampu untuk mengeluarkan ide atau pendapatnya sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar pada mata pelajaran akidah akhlak. Pada saat pembelajaran akidah akhlak berlangsung kebanyakan siswa tidak berani mengeluarkan pendapatnya, apabila guru bertanya siswa hanya diam dan tidak memberikan jawaban sehingga guru kebingungan apakah siswa tersebut sudah mengerti atau belum mengerti dengan materi yang disampaikan. Berdasarkan penjelasan dan permasalahan di atas yang telah di temui maka seharusnya seorang guru harus menggunakan banyak metode, demikian salah satu metode yang akan digunakan di sini adalah metode student of facilitator and explaining, metode student of facilitator and explaining ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara profesional, dalam penelitian ini peneliti bertugas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Keagamaan di MAN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah lembar soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II melalui metode Student Of Facilitator and Explaining Di Kelas XII Keagamaan di MAN 1 Padangidimpuan, dengan rincian sebagai berikut. Pelaksanaan pra siklus hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 61,57, siklus I pertemuan I sebesar 65,42, siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 72, 85, siklus II pertemuan I sebesar 77,85, dan siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata 81,71. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan nilai ketuntasan pada pra siklus sebesar 29%, siklus I pertemuan I sebesar 40%, siklus I pertemuan II sebesar 54%, siklus II pertemuan I sebesar 71%, dan siklus II pertemuan II sebesar 83%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan metode Student Of Facilitator And Explaining di kelas XII Keagamaan Di MAN 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag
Keywords: Metode student of facilitator and explaining; Akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:49
Last Modified: 21 Jun 2024 09:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item