Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Teladan Mohammad Natsir dalam pendidikan akhlak

Ritonga, Riska Khairani (2024) Teladan Mohammad Natsir dalam pendidikan akhlak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak dalam Islam dapat diberikan dalam bentuk keteladanan. Keteladanan tidak hanya dapat diberikan oleh seseorang secara langsung tetapi dapat diberikan melalui biografi seseorang yang telah meninggal dunia. Dalam hal ini salah satu tokoh Indonesia yang memiliki keteladanan yang baik dan dapat dijadikan motivasi di zaman sekarang ini adalah Mohammad Natsir. Sehingga dalam pembahasan ini dijelaskan bagaimana teladan Mohammad Natsir dalam pendidikan akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teladan Mohammad Natsir dalam pendidikan akhlak. Adapun tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui teladan Mohammad Natsir dalam pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu sebuah metode untuk memperoleh data dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, dapat dari perpustakaan dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi tokoh dengan menggunakan pendekatan penelitian historis, yaitu pengumpulan data dalam bentuk relevan terhadap referensi-referensi seperti buku, jurnal, internet, literatur yang bersifat teoritis. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa: 1) teladan di bidang pendidikan yaitu M. Natsir seorang yang haus ilmu, guru dan pendidik sejati, pandangan M. Natsir tauhid sebagai prinsip utama pendidikan. 2) teladan di bidang politik yaitu pejuang yang konsisten, M. Natsir tokoh demokratis, Mosi Integral M. Natsir. 3) teladan di bidang dakwah yaitu pemimpin dakwah, gerakan dakwah M. Natsir amar ma’ruf nahi munkar. 4) teladan dalam kesederhanaan yaitu menteri dengan kemeja bertambal, perdana menteri dengan mobil jelek. 5) teladan sebagai teman yaitu M. Natsir telah membuktikan mampu berkawan dengan siapa saja tidak memilah-milih teman atau tidak membeda-bedakan status sosial dalam berteman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A dan Dr. Lazuardi, M.Ag
Keywords: Teladan; Mohammad natsir; Pendidikan akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:36
Last Modified: 20 Jun 2024 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item