Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembiasaan dalam pendidikan akhlak santriwati di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru

Batubara, Ira Nur Hafifah (2024) Metode pembiasaan dalam pendidikan akhlak santriwati di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Metode pembiasaan dalam pendidikan akhlak santriwati di Asrama putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, yang dilatar belakangi dengan pendidikan karakter di Asrama putri pondok pesantren Musthafawiyah Purba Baru, dimana sebagaian kecil santriwatinya masih ada yang tidak ikut melaksanakan kegiatan pembiasaan di Asrama Putri sebab dari pergaulan teman-teman yang masih kurang akan kesadaran melaksanakannya. Ibu Pembina asrama putri membina karakter santriwawti tersebut melalui peraturan-peraturan dan kebiasaan-kebiasaan yang positif diantaranya dengan membiasakan sholat sunnah dhuha, sholat sunnah tahajjud, dan puasa senin kamis yang dilaksanakan setiap harinya, yang bertujuan untuk mendidik karakter ataupun akhlak santriwati melalui pembiasaan-pembiasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana Metode Pembiasaan Sholat Sunnah dalam Pendidikan Akhlak Santriwati di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. 2. Bagaimana Metode Pembiasaan Puasa Senin Kamis di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Adapaun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana metode pembiasaan sholat sunnah di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. 2. Untuk mengetahui bagaimana metode pembiasaan puasa Senin Kamis di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan yang bertempat di Asrama Putri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif . Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer (ibu Pembina asrama putrid) dan sumber data sekunder (santriwati). Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan datanya. Anailis yang dugunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru menyoroti tiga kegiatan utama: Sholat Sunnah Dhuha, Sunnah Tahajjud, dan Puasa Sunnah Senin Kamis dengan beberapa tahapan: Tahap Pengenalan, Tahap Pemahaman, Tahap Penerapan, Tahap Pengulangan/Pembiasaan, Tahap Pembudayaan, dan Tahapa Internalisasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa metode ini secara positif mempengaruhi perilaku siswa baik dari aspek spiritual maupun fisik melalui beberapa faktor pendukung, seperti faktor anjuran, faktor peraturan dan faktor hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Metode pembiasaan dalam penidikan akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:24
Last Modified: 20 Jun 2024 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item