Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah

Annisah, Hikmah (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200277.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi dan komunikasi, yang pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah aktivitas manusia. Salah satu yang menandai adanya kemajuan teknologi yang sangat signifikan adalah adanya e-commerce. E-commerce merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan manusia untuk bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Keunggulan utama e-commerce adalah memungkinkan pengguna untuk berbelanja tanpa harus pergi ke toko fisik, melainkan dapat melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja yang mereka inginkan. Sama halnya dengan penjual, yang bisa melakukan bisnisnya dari rumah secara online dan promosi secara online. Dengan kata lain, e-commerce menjadi layanan yang praktis dan efektif baik itu bagi penjual maupun pembeli. Namun, masih terdapat sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum memanfaatkan potensi e-commerce untuk jualannya. Pada tahun 2022 ditemukan masih banyak pelaku usaha yang belum menggunakan e-commerce. Alasannyapun beragam seperti tidak tertarik berjualan online, lebih nyaman berjualan langsung, kurang pengertahun dan keahlian pada penggunaan e-commerce, dan tidak begitu merasakan manfaat saat menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan e-commerce pada pelaku UMKM di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menerapkan teori Technology Acceptance Model (TAM). Teori ini menekankan bahwa pengguna akan menerima dan menggunakan teknologi baru jika mereka percaya bahwa teknologi tersebut mudah digunakan dan bermanfaat. Oleh karena itu, variabel utama dalam penelitian ini adalah kemudahan dan kegunaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 99 responden pelaku UMKM Kota Padangsidimpuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce pada pelaku UMKM. Namun, kemudahan tidak terbukti memiliki dampak yang signifikan pada penggunaan e-commerce. Temuan ini dapat menjadi landasan bagi UMKM untuk lebih memahami dan mengadopsi e-commerce sebagai bagian dari strategi bisnis mereka di era digital ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Kegunaan; Kemudahan; Penggunaan e-commerce
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:25
Last Modified: 20 Jun 2024 07:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10579

Actions (login required)

View Item View Item