Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa madrasah tsanawiyah di Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan

Hasibuan, Winda Sari (2024) Pengaruh pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa madrasah tsanawiyah di Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya metode pengajaran membaca dan menulis Alquran di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Keterbatasan waktu yang dialokasikan untuk pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran, ditambah dengan rasio siswa-guru yang tinggi, mengakibatkan hanya sedikit siswa yang mendapat perhatian yang memadai selama sesi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran terhadap kemampuan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah di Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Secara khusus, berupaya mendeskripsikan pembelajaran baca tulis Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah, menilai kemampuan membaca Al-Quran siswa, dan mengetahui ada tidaknya korelasi antara pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur'an dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode ex post facto, dengan populasi berjumlah 151 siswa Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Analisis data menggunakan rumus Slovin. Temuan penelitian menunjukkan bahwa responden menilai pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah di Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan adalah 'Cukup Baik', dengan tingkat respons sebesar 79,42%. Demikian pula rata-rata penilaian kemampuan membaca Alquran siswa adalah 'Baik' dengan tingkat respons 80,16%. Namun, analisis korelasi parsial menunjukkan adanya pengaruh yang kecil (0,030%) dari pengajaran membaca dan menulis Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Dengan nilai t hitung yang melebihi nilai t tabel kritis maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran membaca dan menulis Alquran (X) terhadap kemampuan membaca Alquran (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Instruksi membaca dan menulis al-Qur'an; Kemampuan membaca al-Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:33
Last Modified: 19 Jun 2024 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item