Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara

Nasution, Rahmawati (2023) Penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100202.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kajian tentang guru Akidah Akhlak dalam penerapan metode bervariasi serta kelebihan kekurangan dan hambatan dalam menerapkannya. Pentingnya guru dalam menggunakan metode bervariasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak adalah agar siswa yang diajarkan tidak mudah bosan dan jenuh dalam proses Pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode bervariasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak? Apa hambatan dalam penerapan metode bervariasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bervariasi pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Al-Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif, yaitu penelitian yang mengamati fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisis serta logika ilmiah induktif, sebagai informan adalah seorang guru Akidah Akhlak, Kepala Madrasah dan peserta didik kelas VIII A. Instrumennya adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti adalah perpanjangan waktu penelitian , ketekunan pengamatan dan triangulasi. Peneliti menemukan Penerapan metode bervariasi dalam 1). Pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan untuk menerapkan beberapa metode dalam Pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan, metode diskusi dan metode demonstrasi. 2). Hambatan yang terjadi dalam proses metode bervariasi dilakukan yaitu ada tiga (3) hambatan, yaitu: pada guru, siswa dan sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bervariasi dalam Pembelajaran Akidah Akidah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara secara umum sudah berjalan dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Penerapan; Metode bervariasi; Akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:17
Last Modified: 10 Jun 2024 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item