Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi guru kelas terhadap penerapan Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidempuan

Harahap, Raudatul Jannah (2023) Persepsi guru kelas terhadap penerapan Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana persepsi guru kelas terhadap penerapan kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi guru kelas dalam perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidimpuan? (2) Bagaimana persepsi guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidimpuan? (3) Bagaimana persepsi guru kelas dalam evalusi pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di MIN 2 Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi dan simpulan data. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyususnan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru kelas pada perencanaan pembelajaran, guru kelas merasa diringankan beban administrasi mengajarnya yaitu pada penyusunan silabus dan RPP karena telah dibantu oleh pemerintah dalam merumuskan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Terdapat perbedaan format penyusunan RPP antar guru kelas dalam hal urutan peletakan komponen RPP. (2) Persepsi guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran, guru merasa praktis dan efesien dalam penyampain materi karena adanya pembelajaran tematik integratif. Namun, guru kelas masih kesulitan mengaitkan materi antar mata pelajaran. Pada penerapan pendekatan scientific guru kelas memiliki persepsi bahwa pengalaman belajar pada pendekatan scientific perlu sesuaikan dengan materi dan kompetensi yang ingin dicapai. Guru merasa kesulitan untuk menggunakan media berupa proyektor serta membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mempersiapkannya. (3) Persepsi guru kelas terkait evaluasi pembelajaran, guru merasa terbebani dengan banyaknya penilaian yang harus dilakukan. Akan tetapi guru tetap berupaya memberikan penilaian yang obyektif dan transparan. Selain itu, guru kelas masih kewalahan dengan pengisian nilai pada rapor yang harus dilakukan melalui aplikasi rapot secara online yang membutuhkan waktu lama dan menguras tenaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Persepsi guru kelas; Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:09
Last Modified: 06 Jun 2024 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item