Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di Kelas IV SD Negeri 136916 Tanjung Balai

Harahap, Siti Kholijah (2024) Implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di Kelas IV SD Negeri 136916 Tanjung Balai. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan dalam bidang pendidikan merupakan salah sarana atau wadah dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dapat dijadikan sebagai alat transformasi ilmu pengetahuan, budaya serta nilai-nilai yang berkembang dalam suatu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan tidak hanya diartikan sebagai transformasi ilmu melainkan juga termasuk dalam transformasi budaya serta nilai-nilai yang berkembang di masyarakat, agar menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan dapat mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didik yang diperoleh melalui proses belajar serta menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama minat membaca peserta didik dalam pembelajaran literasi, dengan demikian dilakukan implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik. Membaca merupakan salah satu kegiatan belajar yang sering dilakukan agar memperoleh pengetahuan (informasi) dari buku yang dibaca. Rumusan masalah penelitian ini yaitu adalah bagaimana implementasi pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di kelas IV SD Negeri 136916 Tanjungbalai? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Subjek penelitian berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan pengamatan peneliti tentang kondisi nyata di lapangan Minat belajar peseta didik dapat memberikan dampak positif bagi hasil belajar peseta didik dan ketanggapan peserta didik. Kurangnya minat membaca peserta didik dalam membaca dan memahami isi dari teks bacaan peserta didik menyimpulkan paragraf menjadi masalah bagi peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf teks bacaan. Untuk mengatasi masalah tersebut ada baberapa upaya yang dapat dilakukan guru dalam menigkatkan minat belajar peserta didik. Adapun upaya yang dapat diberikan guru yaitu melakukan implementasi pembelajaran literasi di kelas IV SD Negeri 136916 Tanjungbalai, dengan adanya implementasi akan membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajarnya, sehingga dapat membuat peseta didik menjadi lebih semangat dalam pembelajaan, mengolah dengan batas nilai maksimal dan penyusunan rencana berdasarkan hasil diagnosis yaitu dengan cara memberikan bimbingan belajar kelompak. Selanjutnya upaya yang terakhir ialah memberikan bantuan dengan cara meminta bimbingan orang tua dalam mengawasi peserta didik saat belajar di rumah dan memberikan motivasi sehingga menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A
Keywords: Implemetasi; Literasi; Minat membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:49
Last Modified: 05 Jun 2024 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item