Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya persatuan Keluarga Besar Mustafawiyah Daerah Bangun Purba Sekitar (KBMDABAS) dalam meningkatkan softskill santriwati melalui kegiatan tablig di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal

Awaliah, Rida Hayati (2023) Upaya persatuan Keluarga Besar Mustafawiyah Daerah Bangun Purba Sekitar (KBMDABAS) dalam meningkatkan softskill santriwati melalui kegiatan tablig di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat kesenjangan/ketidaksesuaian anatara konsep yang ada dengan fakta/realita yang sebenarnya terjadi di lapangan mengenai pelaksanan kegiatan tablig di pondok pesantren mustafawiyah Purbabaru sehingga terdapat kendala atau tantangan saat pelaksanaan tablig tersebut dan dibutuhkan upaya untuk mengatasi kendala yang ada agar softskill/ keterampilan yang dimiliki santriwati tetap dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kegiatan tablig yang ditampilkan santriwati saat pelaksanaan tablig di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purbabaru Kabupaten Mandailing Natal dan upaya apa yang dilakukan persatuan KBMDABAS (Keluarga Besar Mustafawiyah Daerah Bangun Purba Sekitar) dalam mengatasi kendala yang ada saat pelaksanaan tablig. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan tablig santriwati dalam persatuan KBMDABAS dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumen.Serta teknik penjaminan keabsahan yang digunakan adalah dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi, yaitu dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik , dan triangulasi waktu. Kesimpulan hasil penelitian ini menjelaskan terdapat penigkatan keterampilan/ softskill santriwati dalam pelaksanaan kegiata tablig setelah dilakukan beberapa upaya-upaya dalam mengatasi kendala yang ada dalam kegiatan tablig dalam persatuan KBMDABAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Amin, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Upaya; Kendala; Tablig
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:44
Last Modified: 03 Jun 2024 08:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item