Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh luas lahan dan biaya produksi terhadap pendapatan kopi arabika di Desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Yuni Silfa (2024) Pengaruh luas lahan dan biaya produksi terhadap pendapatan kopi arabika di Desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan sektor pertanian didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan sumber daya alam. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah sumberdaya hayati berupa tanaman Kopi Arabika.Berdasarkan latarbelakang masalah, skripsi ini membahas tentang pengaruh luas lahan dan biaya produksi terhadap pendapatan Kopi Arabika di desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan.Pengembangan Kopi Arabika di desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan lebih di arahkan kepada perkebunan rakyat salah satunya Kopi Arabika.Pendapatan Usaha tani Kopi Arabika di setiap tahunnya tidak menentu, hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu di antaranya seperti luas lahan yang kurang dan biaya produksinya. Penelitian ini berjudul Pengaruh Luas Lahan Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Kopi Arabika Di Desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan.memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya luas lahan dan biaya produksi terhadap pendapatan Kopi Di Desa Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanulu Selatan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pengambilan sampel probability sampling dengan tehnik random sampling,dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder.Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 56 dari 120 populasi,dan penarikan sampel tersebut menggunakan rumus slovin.Uutuk pengolahan data menggunakan aflikasi SPSS 23.Tehnik data yang digunakan adalah uiji validitas, uji reabilitas,uji asumsi klasink, uji analisis regresi linear dan berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial menunjukkan bahwa luas lahan dan biaya produksi berpengaruh terhadap pendapatan Kopi Arabika.Kemudian dari perhitungan koefisien determinan sebesar 43,5 persen menunjukkan variable Luas Lahan Dan Biaya Produksi berpengaruh terhadap Pendapatn Usaha tani Kopi Arabika, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh factor lainnya yang tidak di bahas dala penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E., M.A dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Luas lahan; Biaya produksi; Pendapatan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:50
Last Modified: 03 Jun 2024 04:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

View Item View Item