Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode job order costing dalam penentuan harga pokok produksi (studi pada UMKM Anugrah Furniture Padangsidimpuan)

Tanjung, Yuni Dania Efendi (2023) Penerapan metode job order costing dalam penentuan harga pokok produksi (studi pada UMKM Anugrah Furniture Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

UMKM Anugrah Furniture merupakan jenis badan usaha yang bergerak dalam bidang produksi perakitan kayu atau mebel. Untuk penentuan atau penetapan harga pokok produksinya, UMKM Anugrah Furniture melakukan perhitungan harga pokok pesanan, namun perhitungan yang dibuat perusahaan masih belum sesuai dengan teori, perusahaan belum melakukan pengelompokan biaya produksi secara jelas dan terperinci atas biaya produksi yang dikeluarkan sehingga biaya-biaya yang seharusnya dibebankan tidak dibebankan yang mengakibatkan ketidaktepatan dalam perhitungan biaya produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode perhitungan HPP dengan menggunakan metode job order costing yang diterapkan perusahaan dan untuk mengetahui apakah metode yang diterapkan perusahaan sudah sesuai dengan metode job order costing.Pembahasan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan metode job order costing. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bidang tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara hasil perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dan metode job order costing pada pembuatan produk kursi set dan lemari. Pada pembuatan kursi set, menurut perusahaan sebesar Rp. 8.290.000 dan untuk pembuatan lemari yaitu sebesar Rp. 6.003.000. Dan untuk perhitungan meggunakan metode job order costing untuk sebuah produk kursi set sebesar Rp. 10.096.666 dan untuk produk lemari sebesar Rp. 7.495.666 menghasilkan selisih perhitungan harga pokok pesanan sebesar Rp. 1.806.666 untuk sebuah produk kursi set dan Rp. 1.492.666 untuk produk lemari yang di produksi. Selisih tersebut dititik beratkan pada biaya overhead yang tidak dibebankan dan tidak di rinci secara benar sehingga perhitungan biaya yang dilakukan tidak akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Harga pokok produksi; Metode job order costing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:50
Last Modified: 03 Jun 2024 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10533

Actions (login required)

View Item View Item