Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Sepatu Bata, Tbk

Ihwandi, Wahyu (2024) Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Sepatu Bata, Tbk. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan suatu perusahaan dapat diukur dari perkembangan nilai perusahaan, nilai perusahaan yang tinggi tetapi tidak meningkatkan nilai likuiditas dan nilai profitabilitas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah adakah pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sepatu bata Tbk. Tujuan penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sepatu bata Tbk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah likuiditas, profitabilitas dan nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah data Sekunder dengan metode kuantitatif dengan regresi linear berganda, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan yaitu laporan laba rugi dan laporan neraca per triwulan sampel dalam penelitian ini selama 8 tahun mulai dari tahun 2015-2022. Kemudian pengolahaan datanya menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji determinasi, dengan uji simultan (f) dan uji parsial (t). Pada perusahaan PT. Sepatu Bata, Tbk yang dipublikasikan oleh BEI melalui situs www.idx.co.id. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial Quick Ratio berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Cash Ratio berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Sedangkan Cash Turnover tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Sedangkan Net Profit Margin tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Return On Investmen berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Return On Equity berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan variabel likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan Sepatu Bata, Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Likuiditas; Profitabilitas; Nilai perusahaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:42
Last Modified: 03 Jun 2024 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10531

Actions (login required)

View Item View Item