Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam meminimalisir peredaran narkoba di Wilayah Polsek Batahan

Gunawan, Roni (2023) Efektivitas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam meminimalisir peredaran narkoba di Wilayah Polsek Batahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810300055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena penyebaran narkoba saat ini telah beredar di seluruh pelosok wilayah dan menyasar seluruh lapisan masyarakat tanpa melihat status sosial masyarakat. Angka kasus penyalahgunaan Narkotika di wilayah Hukum Polsek Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal saat ini meningkat. hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kasus yang meningkat setiap tahunnya. Tujuan dari penulis skripsi ini untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam meminimalisir angka peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal dan apa faktor hambatan Kepolisian dalam meminimalisir angka peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field reasecrh) dan penelitian hukum normatif empiris melalui pendekatan Yuridis Sosiologis, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yaitu dengan mengumpulkan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif, yaitu dengan cara menyelaraskan dan menggambarkan keadaan yang nyata mengenai proses meminimalisir angka peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Hasil penelitian ini mengenai Efektivitas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam meminimalisir peredaran narkoba di wilayah Polsek Batahan menggunakan teori Soerjono Soekanto ternyata belum efektif tetapi sudah ada kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya. Dan faktor hambatan Kepolisian dalam meminimalisir peredaran narkoba di Wilayah Polsek Batahan yaitu: kurangnya laporan dari masyarakat setempat dan kurangnya anggota Aparat Kepolisian di Polsek Batahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dermina Dalimunthe, S.H., M.H dan Sawaluddin Siregar, M.A
Keywords: Efektivitas; Kepolisian; Narkoba; Undang-Undang
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 May 2024 04:52
Last Modified: 30 May 2024 04:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item