YS, Rizki Putri Aulia (2024) Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik Kelas IV SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu siswa yang mengalami kejenuhan belajar cenderung memiliki prestasi belajar yang menurun. Dinyatakan bahwa hasil prestasi belajar siswa yang mengalami kejenuhan belajar hanya mencapai nilai rata-rata 60-70 (C), bahkan ada juga yang mendapatkan nilai rata-rata 50-59 (D) atau bahkan tidak lulus, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dan masih jauh dari harapan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru kelas IV dalam mengatasi kejenuhan belajar dan faktor kejenuhan belajar pada SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kejenuhan belajar dan faktor yang mempengaruhinya, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kejenuhan belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu wali kelas sebagai key informant dan 3 orang guru sebagai supporting informant. Instrumen pengumpulan data menggunakan dengan melakukan wawancara langsung terhadap wali kelas dan juga guru yang mengajar di kelas IV. analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, conclution dan verification dan trianguluasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. antara lain yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, mengajak siswa belajar di luar ruangan, penataan ruang belajar, mengajar dengan penuh humor, guru memaksimalkan media pembelajaran, menggunakan metode belajar yang bervariasi, dan memberikan nasehat. Faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa di Sekolah SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Dimana faktor internal yang bersumber dari siswa itu sendiri yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, sedangkan faktor eksternal yang bersumber dari luar yaitu belajar hanya di kelas, dan suasana belajar yang tidak berubah-ubah, kurangnya media dan alat peraga, cara guru mengajar tidak bervariasi, dan kurangnya dukungan dari orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Kejenuhan belajar; Upaya; Guru; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:21 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10523 |
Actions (login required)
View Item |