Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan literasi membaca pembelajaran IPA melalui metode ice breaking jenis story telling pada materi indra pendengaran manusia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200106 Padangsidimpuan

Ritonga, Sindi Anggira (2024) Upaya meningkatkan kemampuan literasi membaca pembelajaran IPA melalui metode ice breaking jenis story telling pada materi indra pendengaran manusia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200106 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan literasi membaca pada pembelajaran IPA disebabkan karena siswa kurang tertarik terhadap apa yang dibaca. Pada saat siswa diminta untuk membaca oleh guru, siswa terlihat tidak antusias dalam membaca buku, siswa hanya membolak balik halaman buku saja. Siswa rata-rata tidak mampu menggunakan waktu yang telah disediakan dengan sungguh-sungguh dalam membaca, sebagian besar siswa yang ada dikelas memilih mengobrol dengan teman sehingga ketika diberikan pertanyaan terkait dengan isi bacaan tersebut sebagian besar siswa tidak mengetahui isi bacaan. Untuk mengatasi kurangnya kemampuan literasi membaca pada pembelajaran IPA, dengan menggunakan metode Ice Breaking Jenis Story Telling. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode Ice Breaking jenis Story Telling dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca pada peserta didik kelas IV SD 200106 Padangsidimpuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan salah satu jenis penelitian yang menggunakan dua siklus; setiap siklus memiliki dua pertemuan. Setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi essai, observasi siswa, dan observasi guru. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan, mendapatkan kesimpulan bahwa kemampuan literasi membaca siswa melalui metode Ice Breaking jenis Story Telling dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan mulai dari tes awal ke siklus I, kemudian dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal adapun jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 35,29 %. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 7 siswa dengan pesentase 41,17 %. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 7 siswa yang tuntas menjadi 9 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 52,92 %. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 70,58 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 14 siswa dengan persentase sebesar 82,35 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ade Suhendra, S.Pd., M.Pd.I
Keywords: Kemampuan literasi membaca; Pembelajaran IPA; Ice breaking jenis story telling
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 09:14
Last Modified: 29 May 2024 09:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10519

Actions (login required)

View Item View Item