Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada remaja di Kelurahan Aek Tampang Lingkungan III Padangsidimpuan

Lubis, Rizki Ananda (2023) Strategi orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada remaja di Kelurahan Aek Tampang Lingkungan III Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah strategi orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada remaja awal yang berumur 12-15 tahun, kecanduan game online adalah salah satu fenomena yang sedang trend dikalangan remaja yaitu smartphone digunakan sebagai sarana bermain bahkan ada pula komunitas yang terbentuk dikarenakan interaksi melalui dunia virtual ini. Fenomena sudah mewabah pada kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa, khususnya laki-laki., game online memiliki banyak kerugian yang ditimbulkan akibat kecanduan game yang signifikan salah satunya adalah anak lebih menomorduakan belajar untuk bermain game online, tidak kenal waktu dan lalai dengan kehidupan nyatanya karena ingin terus bermain game, Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui srategi orang tua dalam mencegah kecanduan game online dan negatif game online pada remaja di Kelurahan Aek Tampang Lingkungan III Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Bila ditinjau dari sifat penelitian ini maka dapat digolongkan pada research deskriptif yang bersifat eksploratif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data melalui langkah-langkah klarifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah para Orang tua dan beberapa remaja yang kecanduan bermain game online dalam waktu bermain 30 menit sampai 1 jam. Orang tua bejumlah 5 orang dan remaja berjumlah 5 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah dampak bermain game online yaitu dampak positif dan dampak negatif bagi remaja. Dampak posisif game online yaitu dapat menghilangkan stres dan bosan yang dialami 2 remaja, menambah relasi pertemanan yang dialami 4 remaja, meningkatkan kemampuan berbahasa asing yang dialami 2 remaja dan yang terakhir lebih mengena teknologi yang dialami 1 remaja. Dampak negatif game online yaitu, kurang bersosialisasi dengan masyarakat melupakan orang disekitarnya yang di alami 2 orang remaja, dan adanya gangguan pada mata yang di alami 1 orang remaja, lalai akan waktu yang dialami 2 orang remaja, emosi menjadi labil yang di alami 1 remaja. Konsentrasi menurun yang dialami 2 orang remaja. Strategi orang tua dalam mecegah kecanduan game online pada remaja yaitu sebagai berikut: Strategi attention switching (memberikan kesibukan bagi remaja agar remaja lupa dengan game online dan apabila remaja terus-terusan bermain game online dan mengalihkan perhatian/ memberikan kegitan ekstrakulikuler). Seperti karate dan olahraga yang diterapkan 2 orang tua, les yang diterapkan 2 orang tua dan membaca buku yang direpakan 1 orang tua. Strategi dissuasion (memberikan nasehat, membujuk, menyelidiki dan memaksa). Seperti mengatur waktu tidur remaja yang di terapkan 1 orang tua, membatasi waktu bermain yang diterapkan 2 orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauzi Rizal, S.Ag., M.A dan Nurintan Muliani Harahap, M.A
Keywords: Strategi; Orang tua; Kecanduan; Game online
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 04:19
Last Modified: 29 May 2024 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item