Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi bimbingan kelompok oleh musyrifah terhadap penyesuaian diri mahasantriah Ma'had al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Siregar, Arna Yana (2024) Implementasi bimbingan kelompok oleh musyrifah terhadap penyesuaian diri mahasantriah Ma'had al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini tentang mahasantriah yang mengalami masalah penyesuaian diri di ma’had al-jami’ah. Mahasantriah yang tinggal di ma’had al-jami’ah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan memiliki latar belakang yang berbeda baik dari asal sekolah, daerah, bahasa dan lain sebagainya. Oleh karena itu, masih banyak mahasantriah yang belum bisa menyesuaiakan diri baik itu terhadap lingkungan asrama, kegiatan dan peraturan yang ada di asrama. Sehingga diperlukan adanya bimbingan kelompok sebagai usaha untuk membantu mahsantriah dalam menyesuaiakan diri. Bimbingan kelompok di Ma’had Al-jami’ah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan memiliki salah satu tujuan yaitu membantu mahasantriah dalam menyesuaikan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahap pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan musyrifah dan untuk mengetahui metode bimbingan kelompok yang digunakan oleh musyrifah terhadap penyesuaian diri mahasantriah serta hasil bimbingan kelompok yang dilakukan musyrifah terhadap penyesuaian diri mahasantriah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Adapun populasi penelitiaan ini adalah seluruh mahasantriah asrama C yaitu 84 orang mahasantriah, 4 orang musyrifah dan 1 ustadzah. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purvosive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka penelitian ini menggunakan 18 sampel yang terdiri dari 10 orang mahasantriah, 4 orang musyrifah dan 1 ustadzah dan 3 teman sebaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok di ma’had al-jami’ah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dilakukan oleh musyrifah yang dilaksanakan setelah kegiatan malam sebelum tidur. Terdapat 3 tahap pelaksanaan bimbinga kelompok yaitu tahap pembentukan, persiapan, dan pelaksanaan. Metode bimbingan kelompok yang dilakukan musyrifah terhadap penyesuaian diri mahasantiah adalah metode bimbingan menurut Islam, yang terdiri dari mauizhotil hasana (ceramah), peneladanan, metode diskusi kelompok, serta metode hukuman dan pujian. Dari pelaksanaan bimbingan kelompok yang telah dilaksanakan terdapat hasil positif pada perubahan diri mahasantriah dalam menyesuaikan diri, yang sebelumnya belum dapat mengikuti peraturan seperti sering terlambat sholat berjama’ah dan melanggar bahasa, belum terbiasa dengan banyak kegiatan, serta beradaptasi dengan limgkungan seperti belum terbiasa dengan budaya antri, kehidupan yang ramai, dan sering mengeluh dengan kehidupan asrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Siti Wahyuni Siregar, S.Sos.I., M.Pd.I
Keywords: Bimbingan kelompok; Musyrifah; Penyesuaian diri; Mahasantriah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 03:32
Last Modified: 29 May 2024 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item