Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Bahasa Indonesia anak usia sekolah dasar Desa Nanggarjati Hutapadang Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Rika Ronauli (2024) Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Bahasa Indonesia anak usia sekolah dasar Desa Nanggarjati Hutapadang Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Temuan awal penelitian ini memperlihatkan bahwa orang tua di Desa Nanggarjati Hutapadang Kabupaten Tapanuli Selatan berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis meskipun mereka pada umumnya berprofesi sebagai petani. Di tengah kesibukan bekerja sebagai petani mereka tetap menyisihkan waktu istirahatnya untuk mendidik anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Nanggarjati Hutapadang Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triagulasi. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah orang tua dari anak di Desa Nanggarjati Hutapadang Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis yaitu: 1) Peran sebagai motivator yaitu orang tua memberikan dorongan dan perhatian yang khusus kepada anaknya agar semangat dalam belajar, 2) Peran sebagai pendidik yaitu orangtua melakukan berbagai cara-cara edukatif dalam membantu anak membaca dan menulis, 3) Peran sebagai fasilitator yaitu orang tua memenuhi kebutuhan belajar anak khususnya dalam membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Peran orang tua; Membaca dan menulis; Bahasa Indonesia; Anak usia sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 03:04
Last Modified: 29 May 2024 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item