Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa kelas viii di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik

Siregar, Novida Rahma (2023) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa kelas viii di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu, peneliti menjumpai bahwa masih banyak siswa kelas VIII di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur'an. Kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut meliputi pengucapan makharijul huruf, belum mengenal tanda baca pada huruf, pemahaman ilmu tajwid yang masih kurang, serta kelancaran bacaan yang masih terbata-bata. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an meliputi kurangnya motivasi dalam belajar Al-Qur'an, kurangnya minat dan latihan, serta kebiasaan kurang dalam tadarus Al-Qur'an di rumah. Dengan demikian peneliti mengangkat masalah ini sebagai permasalahan yang harus diteliti. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, apa saja Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an siswa kelas Vlll di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik? dan apa saja faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an siswa kelas Vlll di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif waktu penelitian ini dirancang mulai Mei 2023 –Desember 2023. Lokasi penelitian ini berada di Padanghunik tepatnya di Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Darurrisalah Padanghunik dilakukan dalam proses penyampaian secara permakhraj, guru mengulang bacaan Al-Qur’an siswa tadarusan selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran memberikan nasehat atau motivasi yang sifatnya membangun, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode Talaqqi, Qiraah, Al-Baghdadi dan Iqra dengan membentuk sistem lingkaran untuk para siswa.Strategi guru qur’an tajwid dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an juga sudah terlaksana dengan baik. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu pembiasaan, metode pembelajaran dan guru berperan aktif sebagai sahabat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu pembelajaran dan kepribadian siswa yang masih labil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, M.A
Keywords: Strategi; Pendidikan Agama Islam; Kesulitan membaca al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 07:53
Last Modified: 17 May 2024 07:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10478

Actions (login required)

View Item View Item