Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan muhadharah dalam meningkatkan percaya diri santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Abdul Kholik (2023) Pelaksanaan muhadharah dalam meningkatkan percaya diri santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri santri saat akan tampil dalam kegiatan muhadharah. Ketika kegiatan muhadharah dilaksanakan para santri ada yang merasa demam panggung dan seringkali beralasan sakit atau tidak bertanggung jawab saat diberi tugas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan muhadharah santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan? Bagaimana upaya meningkatkan percaya diri santri dalam pelaksanaan muhadharah santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan? Bagaimana dampak pelaksanaan muhadharah terhadap kepercayaan diri santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui dua tahap ialah mengorganisasikan data, membaca dan mengelolah data dengan cermat serta teliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Modern Baharuddin yang dilaksanakan setiap seminggu sekali pada malam Sabtu setelah shalat Isya. Kegiatan muhadharah ini sangat penting bagi seluruh santri. Dengan adanya kegiatan muhadharah dapat melatih keberanian dan rasa percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang. Sebelum tampil santri diberi waktu seminggu untuk membuat teks pidato dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat tampil dalam kegiatan muhadharah. Kemudian untuk membentuk kepercayaan diri santri yang perlu diperhatikan yaitu cinta, rasa aman, model peran, berpengetahuan dan hubungan. Dalam kegiatan muhadharah santri diberi tugas seperti MC, Khatib atau Khatibah, Qiroat, Istimbat, Hiburan, dan Komentator. Setelah diakhir kegiatan pengurus menyampaikan arahan atau evaluasi dari kegiatan tersebut. Bagi santri yang tidak bertanggung jawab dengan tugasnya, maka akan diberikan teguran oleh pengurus dan harus mempertanggungjawabkan tugasnya di minggu berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag
Keywords: Muhadharah; Percaya diri; Santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 09:20
Last Modified: 15 May 2024 09:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item View Item