Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan

Lubis, Yuni Syafitri (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Percetakan CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan merupakan salah satu percetakan yang berkembang di dunia jasa desain pengadaan barang promosi dan sablon. Percetakan ini berdiri pada tahun 2008 dan pada saat itu usaha percetakan di kota Padangsidimpuan masih sangat sedikit. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman usaha percetakan di Kota Padangsidimpuan semakin banyak sehingga persaingan industri juga semakin meningkat. Masalah dalam penelitian ini yaitu pendapatan CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan tidak stabil dan bahan baku yang melambung tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan untuk meningkatkan daya saing serta untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi bauran pemasaran meningkatkan daya saing, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, karyawan, konsumen dan pesaing. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis SWOT dengan uji IFAS dan EFAS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan terletak di Kuadran 1 dengan menggunakan strategi agresif. kekuatan CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan yaitu lokasi yang strategis, Desain Produk yang ditawarkan bisa dibuat sesuai keinginan konsumen, produk yang ditawarkan beragam, bekerjasama dengan stake holder. Sedangkan kelemahannya adalah biaya operasional yang tinggi, tidak semua karyawan bisa mengoperasikan mesin cetak, tidak memiliki akun media sosial. Peluang yang dimiliki CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan yaitu inovasi yang terus-menerus dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan, memberikan diskon kepada konsumen jika membeli dalam jumlah banyak dan memakai alat yang sudah modern. Adapun ancaman yang dimiliki CV. Nita Riski Kota Padangsidimpuan yaitu semakin banyaknya pesaing yang bergerak di bidang yang sama, biaya bahan baku mengalami kenaikan dan pelanggan beralih ke percetakan lain dengan produk yang sama. strategi bauran pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran 7P, product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Analisis SWOT; Daya saing; Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 08:30
Last Modified: 15 May 2024 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item