Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan literasi menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Nur Azizah (2023) Peningkatan keterampilan literasi menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan literasi pada membaca nyaring siswa. Masalah ini terjadi karena metode belajar siswa hanya menggunakan ceramah saja tanpa mengkombinasikan dengan metode belajar lainnya. Selain itu, kurangnya ketersediaan dan pemanfaatan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes membaca. Sedangkan teknik analisis data idigunakan adalah teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas II SDN 101510 Pamuntaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan bahwa tes keterampilan siswa hanya 9 siswa yang tuntas dengan persentase 41% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 68,2. Setelah dilakukannya pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu ada 12 siswa yang tuntas dengan persentase 55% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 72,3. Dilanjutkan pada pertemuan 2 terdapat 14 siswa yang tuntas dengan persentase 64% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 76,1. Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan, yaitu pertemuan I terdapat 17 siswa yang tuntas dengan persentase 77% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 79,3. Pada pertemuan 2 terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 86% dan memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 83,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Keterampilan literasi; Membaca nyaring; Media cerita bergambar; Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 02:19
Last Modified: 15 May 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item