Harahap, Ahmad Ripai (2024) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca siswa Kelas I di SDN 200120 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar 200120 Padangsidimpuan masih sangat rendah. Pada saat membaca siswa menyebutkan huruf pada kata yang dibacanya satu per satu, pelafalan dan intonasi dalam membaca belum tepat. Faktor rendahnya kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil kemampuan belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah penelitian ini “apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca siswa?”. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca siswa kelas I di SDN 200120 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design, jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) dan mempunyai tes awal serta tes akhir. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas IA Sekolah Dasar 200120 Padangsidimpuan berjumlah 20 siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan membaca yang diberikan kepada siswa pada awal penelitian dan tes pada akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan bahwa, ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca siswa kelas I di SDN 200120 Padangsidimpuan, hal ini dapat di lihat dari perubahan hasil belajar siswa pada pre test ke post test. Pada pre test jumlah yang tuntas sebanyak 8 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 63 dan nilai persentase ketuntasan sebesar 40%. Kemudian pada post test jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebayak 17 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 81,5 dan nilai persentase ketuntasan sebesar 85%. Selisih peningkatan antara pre test dan post test pada nilai rata-rata siswa sebesar 18,5 dan selisih peningkatan antara pre test dan post test pada persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Hj. Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Media audio visual; Kemampuan membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 May 2024 01:58 |
Last Modified: | 15 May 2024 01:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10464 |
Actions (login required)
View Item |