Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas iv melalui model pembelajaran jigsaw di Sekolah Dasar Negeri 100610 Pintu Padang

Daulay, Ade Wahyuni (2024) Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas iv melalui model pembelajaran jigsaw di Sekolah Dasar Negeri 100610 Pintu Padang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 100610 Pintu Padang yang terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui model pembelajaran jigsaw di Sekolah Dasar Negeri 100610 Pintu Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar tes berupa soal pilihan berganda dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 100610 Pintu Padang. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase ketuntasan 32% dan nilai rata-rata kelas 60,4. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata siswa 64 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase ketuntasan 40%. Kemudian pertemuan ke II peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,8 dan 15 jumlah siswa yang tuntas dengan persentase 56%, dan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 76,8 dan 18 jumlah siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 72%, pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 81,8 dan 22 jumlah siswa yang tuntas dengan persentase 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Hasil belajar IPA; Model pembelajaran jigsaw
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 01:27
Last Modified: 15 May 2024 01:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item