Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa di SDN 388 Hutaimbaru Kecamatan Mura Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal

Pulungan, Yesika Bini (2023) Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa di SDN 388 Hutaimbaru Kecamatan Mura Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Disiplin merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat membentuk karakter siswa. Guru di SDN 388 Hutaimbaru Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal sudah melakukan upaya dalam membentuk karakter disiplin siswa, akan tetapi masih ada siswa yang kurang maksimal dalam menerapkan atau membiasakan karakter disiplin baik di sekolah maupun dikehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan dalam membentuk karakter disiplin pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripttif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianlisis dengan langkah yaitu reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di SDN 388 Hutaimbaru, yaitu: a) Memperkuat penegakan peraturan atau tata tertib, b) Mengarahkan guru menjadi pola modeling, c) Membimbing siswa dalam bertingkah laku, d) Konsistensi dalam menegakkan peraturan, e) Mengapresiasi siswa yang menaati peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Strategi; Guru; Karakter disiplin
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2024 09:08
Last Modified: 14 May 2024 09:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item