Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas v di SDN 200106 Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Siregar, Wanty Syahmita (2024) Penerapan pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas v di SDN 200106 Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan peserta didik pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang disampaikan oleh guru, masih pasif dalam belajar, dan belum mampu memecahkan suatu permasalahan terutama dalam materi kecepatan, jarak, dan waktu. Penelitian ini bertujun untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kecepatan, jarak, dan waktu melalui pendekatan matematika realistik pada kelas V di SDN 200106 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat memberikan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di kelas V SDN 200106 Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes essay dan observasi guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 200106 Padangsidimpuan terhadap materi kecepatan, jarak, dan waktu. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rat-rata tes. Peningkatan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 33,33 %. Pada siklus I pertemuan 1 meningat menjadi 7 peserta didik dengan pesentase 46,66%. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 7 peserta didik yang tuntas menjadi 9 peserta didik yang tuntas dengan persentase sebesar 60%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 73,33% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 11 orang. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 12 peserta didik dengan persentase sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Pemahaman konsep mtematika; Pendekatan Matematika Realistik (PMR); Pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 May 2024 03:30
Last Modified: 03 May 2024 03:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item