Nur, Wahidan (2023) Strategi guru fikih dalam pembelajaran fikih di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui bagaimana strategi guru fikih dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru fikih, dan apa saja solusi yang dilakukan guru fikih dalam peroses pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terletak di Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru fikih dalam pembelajaran karena strategi guru sangat berpengaruh dalam mencapai suksesnya pembelajaran, permasalahan yang dihadapi guru fikih yaitu belum sepenuhnya strategi yang dilakukan guru berhasil, dan solusi yang dapat dilakukan yaitu selalu mengingatkan santri dan santriwati tentang tugas yang diberikan guru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data adalah triangulasi, ketekunan pengamatan. Teknik pengelolaan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa guru fikih menggunakan strategi dalam pembelajaran fikih, hal ini dapat dilihat dari : 1). Dengan meningkatkan semanagat santri dan santriwati yaitu dengan memberikan cerita yang bersifat membangkitkan motivasi para santri dan santriwati agar tidak membosankan, dalam pembelajaran guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja namun sesekali guru memberikan waktu kepada santri dan santriwati untuk bertanya tentang materi yang belum di fahami dan guru memberikan contoh agar santri dan santriwati lebih mudah memahami pelajaran. 2). Permasalahan yang dihadapi guru fikih yaitu adanya santri dan santriwati yang belum mempunyai buku fikih dan bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru baik tugas lisan maupun tulisan. 3). Solusi yang dilakukan guru fikih bagi santri dan santriwati yang bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas akan diberikan peringatan yang tidak berlebihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Strategi; Guru fikih; Pembelajaran fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 07:13 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 07:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10401 |
Actions (login required)
View Item |