Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan kecerdasan emosional dengan sikap belajar pada pembelajaran pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS SMA 1 Ulu Barumun Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Siti Amro (2023) Hubungan kecerdasan emosional dengan sikap belajar pada pembelajaran pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS SMA 1 Ulu Barumun Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa memiliki sikap yang kurang positif dalam pembelajaran. Sikap siswa dalam belajar PAI belum mengerjakan tugas yang diberikan dan tidak bertanggung jawab terhadap pembelajaran PAI. Dalam proses belajar di sekolah sering di temukan banyak anak yang cerdas namun kurangnya pengembangan kecerdasan emosionalnya seperti motivasi diri yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana hubungan antara kecerdasan emosinal yang dimiliki siswa dengan sikap belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa dengan sikap belajar pada mata pembelajaran pendidikan agama siswa kelas XI Sma IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 34 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan mengggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS SMA 1 Ulu Barumun.” Selanjutnya untuk kontribusi variabel X yaitu kecerdasan esmosional terhadap variabel Y yaitu sikap belajar sebesar 76.74%. Artinya kecerdasan emosional memberikan kontribusi terhadap sikap belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam adalah sebesar 76.74% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Kecerdasan emosional; Sikap belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:34
Last Modified: 01 Apr 2024 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item