Harahap, Ade Juwita (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa kurang berminat dalam belajar matematika dikarenakan bagi mereka matematika itu ilmu yang rumit, susah, membingungkan, membosankan, bahkan menakutkan. Pada saat pembelajaran matematika sswa, siswa sering mengantuk, bosan,, bermain sendiri bahkan merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Dengan begitu guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif ini dapat memberikan tampilan yang menarik siswa serta membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif bertujuan untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual yaitu kecakapan dalam berpikir. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen dari hasil penelitian tersebut. Dimana dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil tes pretest bahwa hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur masih dalam kategori kurang. Karena masih banyak siswa yang nilai nya belum mencapai KKM dari soal matematika yang diberikan. Keadaan tersebut terdapat di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Setelah diberlakukannya media pembelajaran interaktif dan sudah mulai mampu menyelesaikan soal matematika dengan nilai di atas KKM. Sedangkan di kelas kontrol pada saat pembelajaran dengan media konvensional siswa terlihat kurang bersemangat dan masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Dari hasil pretest dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Dimana perbedaan hasil belajar siswa di kelas kontrol tidak jauh berbeda atau dapat dikatakan peningkatannya sangat rendah antara hasil tes pretest dengan hasil tes posttest. Sedangkan di kelas eksperimen peningkatan hasil belajar siswa sangat signifikan antara pretest dan posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Media pembelajaran interaktif; Hasil belajar; Tabung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:30 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10371 |
Actions (login required)
View Item |