Siregar, Arfah Julayza (2023) Eksplorasi etnomatematika pada bulang, gordang sambilan, dan tor-tor sebagai sumber belajar topik pola barisan bilangan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya kegiatan sosial masyarakat yang berkaitan dengan matematika dalam kebudayaan maupun kebiasaan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini peneliti mengeksplor kebudayaan yang ada di daerah Sumatera Utara, yaitu kebudayaan dari suku Batak Mandailing. Kebudayaan tersebut adalah Bulang, Gordang Sambilan, dan Tor-tor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas etnomatematika pada Bulang, Gordang Sambilan, dan Tor-tor yang berkaitan dengan konsep pola barisan bilangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi, dengan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi, instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil analis data menyimpulkan bahwa terdapat aktivitas etnomatematika pada Bulang, Gordang Sambilan, dan Tor-tor. Aktivitas etnomatematika yang berkaitan dengan konsep pola barisan bilangan pada bulang dilihat dari jumlah tingkatan pada bulang dan persegi panjang yang terdapat dalam pada Bulang 5 tingkat. Pada Gordang Sambilan dilihat dari ukuran diameter permukaan dan alas serta tingginya. Pada Tor-tor Naposo Nauli Bulung dilihat dari banyak gerakan tangan panortor sesuai iringan musik pengiring tor-tor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Bulang; Etnomatematika; Gordang sambilan; Pola barisan bilangan; Tor-tor |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:08 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10315 |
Actions (login required)
View Item |