Anriani, Tuti (2023) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 1 Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100264.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Marancar, Apa faktor yang menyebabkan siswa sulit dalam membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Marancar dan bagaimana cara yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Marancar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Marancar, faktor apa saja yang mempengaruhi siswa sulit dalam membaca Al-Qur’an dan bagaimana cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Marancar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemui oleh peneliti tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 1 Marancar adalah memberi materi pengajaran, membuat les tambahan atau ekstrakulikuler setiap Rabu dan Sabtu setelah pulang sekolah, memberikan hukuman pada siswa yang tidak mengikuti les tambahan dan mmberi nasehat atau motivasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi siswa masih sulit dalam membaca Al-Qur’an adalah daya ingat yang rendah, kurangnya jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marancar, kurangnya dorongan orangtua untuk mendorong anaknya belajar membaca Al-Qur’an sejak dini, pengaruh lingkungan dan teman sebaya serta kurangya kesadaran diri dari siswa tersebut. Sedangkan cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah menjadi pendidik teladan,memahami karakteristik anak, menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, mengembangkan daya hafal anak dan memilih waktu yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Upaya guru; Kesulitan membaca al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 07:43 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10311 |
Actions (login required)
View Item |