Hasibuan, Syarifah Husniyah (2023) Pengembangan LKPD berbasis web menggunakan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terbatas pada buku teks matematika yang disediakan di sekolah serta pembelajaran yang berlangsung cenderung berpusat pada guru tanpa menggunakan media pembelajaran seperti LKPD. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat validitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis web menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi lengkung?; (2) Bagaimana tingkat praktikalitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis web menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi lengkung?; (3) Bagaimana tingkat efektivitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis web menggunakan model pembelajaran project based learning pada materi bangun ruang sisi lengkung? Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagrajan. Pengembangan ini dilakukan melalui 4 tahapan , yaitu pendefenisisan (define), perancangan (design), pengembangan (developt) dan pengembaran (disseminate). Instrument penelitian berupa angket respon dan tes pemahaman konsep peserta didik. Tes dan angket respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diberikan kepada 35 peserta didik SMP Negeri 1 Barumun Barat. Hasil penelitian : 1) Kevalidan LKPD berdasarkan ahli media dan ahli materi sebesar 85,5% dengan kriteria sangat valid; 2) Kepraktisan LKPD berdasarkan respon peserta didik dan guru sebesar 91,12% dengan kriteria sangat praktis; 3) Keefektifan LKPD berdasarkan tes pemahaman konsep sebesar 85,7% dengan kriteria sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Project based learning; Bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:43 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 04:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10303 |
Actions (login required)
View Item |