Pulungan, Risky Perdana (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja di Swalayan Yasir Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian adalah banyaknya swalayan-swalayan yang berdiri khususnya di Kota Padangsidimpuan ini sehingga membuat para konsumen atau masyarakat semakin kritis dalam memilih tempat perbelanjaan yang mampu memberikan Bauran Pemasaran yang lebih baik dengan swalayan lainnya hingga kemudian tercapainya loyalitas konsumen di Kota Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, promosi, dan tempat terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja pada Swalayan Yasir Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, promosi, dan tempat terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja di Swalayan Yasir Padangsidimpuan. Bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistim pemasaran perusahaan yaitu, produk, harga, promosi dan tempat. loyalitas merupakan kesetiaan, kesetiaan timbul tanpa adanya unsur paksaan, tetapi timbul dari kesadaran sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan analisis regresi linier berganda dan didukung oleh uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji t, dan uji f. adapun pengolaan datanya dibantu dengan program SPSS Versi 23, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 85 orang responden sedangkan instrument pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket). Hasil uji koefisien determinasi (r2) antara produk, harga, promosi dan tempat (X) dengan loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,851 (85,1%) yang artinya produk, harga, promosi dan tempat memengaruhi loyalitas konsumen sebesar 85,1 % dan sisanya sebesar 14,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji signifikansi (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung variabel produk (2,779), harga (3,978), dan promosi (19,330), > ttabel 1, 99006 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk variabel tempat didapatkan thitung < ttabel (-6,067 < 1, 99006) maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan berdasarkan uji signifikansi (uji f) menunjukkan bahwa Fhitung yang diperoleh adalah 121,099 > Ftabel, = 2,49 maka variabel bebas yaitu produk, harga, promosi, tempat secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, MA dan Rini Hayati Lubis, MP |
Keywords: | Produk; Harga; Promosi; Tempat; Loyalitas konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 02:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |