Siregar, Mira Damayanti (2023) Penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas ii mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 200212 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca siswa yang rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan. Hal ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih berfokus dengan teacher center sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang baru yaitu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model pembelajaran CIRC belum pernah diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 200212 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa terhadap penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan, agar keterampilan membaca siswa meningkat tidak terbata-bata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan yang berjumlah 23 siswa dan objeknya adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal persentase tingkat keterampilan membaca siswa yaitu Sangat Terampil=30,43% (7 dari 23 siswa), Terampil =8,70% (2 dari 23 siswa), Cukup=8,70% (2 dari 23 siswa), Kurang=52,17% (12 dari 23 siswa). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I yaitu Sangat Terampil =34,78% (8 dari 23 siswa), Terampil =17,39% (4 dari 23 siswa), Cukup=17,39% (4 dari 23 siswa), Kurang=30,44%7 (7 dari 23 siswa), siklus I pertemuan II yaitu Sangat Terampil =43,48% (10 dari 23 siswa), Terampil =21,74% (5 dari 23 siswa), Cukup=34,78% (8 dari 23 siswa). Siklus II pertemuan I nilai keterampilan membaca siswa yaitu Sangat Terampil =52,17% (12 dari 23 siswa), Terampil =47,83% (11 dari 23 siswa), siklus II pertemuan II nilai keterampilan membaca siswa yaitu Sangat Baik=82,61%(19 dari 23 siswa) Terampil =17,39%(4 dari 23 siswa). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas II SDN 200212 Padangsidimpuan. Untuk itu disarankan pada guru untuk menggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Hj. Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran Cooperative Integrated Readig and Composition (CIRC); Keterampilan membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:07 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 03:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10265 |
Actions (login required)
View Item |