Yani, Tanti Rahma (2023) Efektivitas penggunaan model make a match pada mata pelajaran akidah akhlak di Kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran Make a Match yang digunakan guru pada mata pelajaran Akidak Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan tampak membuat siswa aktif saat proses pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa berada di atas nilai KKM yang ditetapkan. Dengan demikian model Make a Match ini dapat dinyatakan efektif pada pembelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan temuan awal ini peneliti memandang urgen untuk melakukan kajian mendalam tentang efektifitas penggunaan model Make a Match pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah pada penelitian ini ada tiga yaitu pertama, Apakah penggunaan model make a match efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan, Apakah penggunaan model make a match efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan, ketiga Apakah penggunaan model make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Make a Match dalam meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, model Make a Match ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terbukti sebagian besar siswa menyukai, bersemangat dan senang untuk mengikuti kegiatan pembelajaran Akidah akhlak. Kedua, model Make a Match dapat meningkatkakan keaktifan siswa karena semua siswa berpartisipasi dalam semua kegiatan pembelajaran. Ketiga, model Make a Match meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar nilai siswa tinggi dengan nilai rata-rata skronya 85.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Efektivitas; Model make a match; Akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 07:35 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 07:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10235 |
Actions (login required)
View Item |