Rambe, Wulan Safitri (2023) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Nurul Falah Tamosu Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100287.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam arus modernisasi dan era globalisasi yang penuh tantangan ini, secara tidak langsung dirasakan telah membawa dampak dan perbuatan terhadap moralitas. Realitanya masih terdapat siswa yang sikapnya bersebrangan dengan sendi-sendi moral dan agama. Seperti berbohong, melawan guru, maraknya tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, bulliying, pencurian, pergaulan bebas, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Berdasarkan hal itu, sekolah merupakan sarana pendidikan formal yang sangat penting dalam membentuk karakter untuk menanamkan pemahaman pada siswa, maka peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang dilakukan oleh guru pada saat melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembentukan karakter siswa di MTs Nurul Falah Tamosu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang dibutuhkan adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah, guru Akidah Akhlak dan Siswa kelas VII.1. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menyusun reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dilakukan dengan baik sesuai kurikulum yang berlaku dengan mengacu pada RPP yang digunakan di madrasah meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup. (2) implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat dibuktikan melalui evaluasi dan penilaian. (3) Faktor pendukung pada implementasi pembelajaran akidah akhlak tidak terlepas karena usaha dari guru akidah akhlak itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Ade Suhendra, M.Pd.I |
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran; Akidah akhlak; Karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 04:11 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 04:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10211 |
Actions (login required)
View Item |