Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) di kelas vii-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur

Lubis, Linni Hardevi (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) di kelas vii-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada saat peneliti melakukan wawancara dengan salah satu siswa di SMP Negeri 1 Angkola Timur, diperoleh informasi bahwa hampir semua pokok bahasan matematika sulit bagi siswa dan masih rendahnya hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dan beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan NHT (Numbered Heads Together) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar melalui model NHT (Numbered Heads Together) di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru dan guru sebagai observer. Instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk essay. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 20 siswa yaitu siswa laki-laki 11 orang dan perempuan 9 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi operasi hitung bentuk aljabar melalui model NHT (Numbered Heads Together), hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 40% dan 8 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas dari 20 siswa. Pada tes Siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 73,3 dan 8 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 40 dari 20 siswa. Pada tes Siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 80,6 dan 18 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 90% dari 20 siswa. Sedangkan pada tes Siklus II Pertemuan 1 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 74,7 dan 13 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tunats dengan persentase 65% dari 20 siswa. Pada tes Siklus II Pertemuan 2 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 77,7 dan 16 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 80% dari 20 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif NHT; Hasil Belajar Operasi Hitung Bentuk Aljabar.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 21:29
Last Modified: 23 Jul 2021 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item