Ritonga, Rika Andriyani (2023) Penerapan kurikulum merdeka bidang studi akidah akhlak kelas x di MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100175[1].pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1). Bagaimana gambaran kurikulum merdeka pada bidang studi akidah akhlak kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan,(2). Bagaimana penerapan kurikulum merdeka oleh guru bidang studi akidah akhlak kalas X di MAN 1 Padangsidimpuan,(3). Apa saja faktor-faktor pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka pada bidang studi akidah akhlak kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan.Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui gambaran kurikulum merdeka pada bidang studi akidah akhlak kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan. (2). Untuk mengetahui proses penerapan kurikulum merdeka pada bidang studi akidah akhlak Kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan. (3). Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka pada bidang studi akidah akhlak kelas X di MAN 1 Padamgsidimpuan. Penelitian ini membahas kurikulum merdeka yaitu kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah bahwa penerapan kurikulum merdeka masih sangat kurang atau dapat dikatakan bahwa penerapan kurikulum merdeka belum dilaksanakan sepenuhnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 padangsidimpuan mulai diterapkan pada tahun 2023/2024. Yang mana tujuan kurikulum merdeka ini diterapkan di MAN 1 padangsidimpuan adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan ditingkat menengah dan untuk membentuk karakter siswa-siswi menjadi lebih baik lagi dan untuk mengembangkan sosial spritual, afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa dari kurikulum sebelumnya (kurikulum 2013) serta memberikan kesempatan kepada siswa/i untuk berperan penting pada pembelajaran, kurikulum merdeka ini juga memberikan kemudahan bagi siswa/i dan ke fleksibelan pada mendapatkan pelajaran dari mana saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dwi Maulida Sari, M.Pd |
Keywords: | Kurikulum merdeka; Akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 08:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 08:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10198 |
Actions (login required)
View Item |