Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 pada kelompok a (usia 4-5 tahun) di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi

Nabila, Nidaun (2023) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 pada kelompok a (usia 4-5 tahun) di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak kelompok A di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi, diketahui bahwa terdapat 15 dari 22 anak belum mengenal konsep dan lambang bilangan dengan baik. Hal itu ditandai dengan anak bisa menyebut satu, dua, tiga, sampai angka sepuluh, tetapi tidak mampu mengidentifikasi angka 1 dengan kata satu, angka 2 dengan kata dua, sampai angka 10 dengan kata sepuluh dan pemahaman anak masih sebatas menghafal. Disamping itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi masih menerapkan metode ceramah dan bercerita. Guru juga masih menggunakan metode bernyanyi pada saat pembukaan pembelajaran. Seperti menyebutkan angka 1-10 dengan nyanyian yang terkesan sama dengan hari berikutnya, di mana tidak ada kreasi yang dapat meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung bilangan 1-10 pada kelompok A (usia 4-5 tahun) di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung bilangan 1-10 pada kelompok A (usia 4-5 tahun) di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh anak di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi yang terdiri dari lima kelas (4 kelas kelompok B dan 1 kelas kelompok A) dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 130 orang dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 22 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran make a match. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata pretest sebesar 9,18, dihasilkan dari pengurangan pretest (16,68) dan posttest (25,86) terdapat pengaruh yang signifikan ekperimentasi model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 pada kelompok A (usia 4-5 tahun) di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu T hitung > T tabel yaitu T hitung = 4,690 > T tabel = 2,228 dengan dk = 10 , maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran make a match; Kemampuan berhitung; Angka 1-10
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:14
Last Modified: 15 Feb 2024 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item