Poniseh, Poniseh (2023) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah SMP N 3 Kualuh Leidong. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya sikap moderat dalam beragama dan saling menghargai antar agama di SMP N 3 Kualuh Leidong. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konseptualisasi nilai-nilai moderasi beragama pada perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 3 Kualuh Leidong?, Bagaimana implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 3 Kualuh Leidong ?, Bagaimana implementasi nilai-nilai moderasi dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 3 Kualuh Leidong?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data-data yang dikumpul, lalu diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi nilai-nilai moderasi beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara dapat dilihat dalam tiga fase pokok kegiatan pembelajaran, yaitu Konseptualisasi nilai-nilai moderasi beragama pada perencanaan pembelajaran meliputi diskusi moderasi beragama, pemutaran Film pendek moderasi Islam. Kemudian Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam Pelaksanaan Pembelajaran meliputi: Capaian Pembelajaran; yaitu Tawassuth(jalan tengah),Tawazun(keseimbangan),I’tidal(Adil),Tasamuh(toleransi),Musawah(kesetaraan),Syura(musyawarah),Aulawiyah(mendahulukan yang prioritas),Tathawwuwa ibtikar(dinamis dan inovatif),Tahadhdur(berkeadaban), Materi Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar yaitu Pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup proses pembelajaran. Selanjutnya, Implementasi Nilai-nilai Moderasi dalam Evaluasi Pembelajaran. Tujuan Proses pembelajaran ialah agar nilai-nilai moderasi beragama dapat diterapkan kepada peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah plus diskusi dan tugas dengan penyesuaian tertentu. Kemudian, alat yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah secara khusus dengan menggunakan media proyektor dan komputer dalam penanyangan film pendek. Adapun Evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memberikan kuis dan siswa mampu mengemukakan hasil belajar sebagai tolok ukur sejauh mana tujuan proses pembelajaran telah tercapai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Implementasi; Nilai-nilai modeasi beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:11 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10172 |
Actions (login required)
View Item |