Siregar, Fatimah Zuhriah (2023) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada mata pelajaraniBahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 101620 Gunung Manaon Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan idalam ipenelitian iini idilatarbelakangi ikarena imasih ikurangnya iketerampilan iberbicara isiswa iserta ikurang ibervariasi imetode ipembelajaran iyang iditerapkan isehingga imenjadi ifaktor ikurangnya isiswa idalam iberbicara. iDisamping iitu, ikebanyakan iguru imenggunakan imetode iceramah idalam imengajar, isehingga isiswa itidak iberperan iatau iambil iandil idalam iproses ibelajar imengajar, iUntuk imengatasi ikurangnya iketerampilan iberbicara isiswa, idengan imenggunakan imetode ipembelajaran ibermain iperan idiharapkan imampu imeningkatkan iketerampilan iberbicara isiswa iterutama ipada imata ipelajaran iBahasa iIndonesia. iRumusan imasalah ipenelitian iini iadalah ibagaimana ipenerapan imetode ibermain iperan iapakah iterdapat ipeningkatan idalam imeningkatkan iketerampilan iberbicara isiswa idalam ipembelajaran ibahasa iIndonesia ipada ikelas iIV iSD iNegeri i101620 iGunung iManaon iKecamatan iPortibi iKabupaten iPadang iLawas iUtara. iTujuan ipenelitian iini, iyaitu iuntuk imengetahui iapakah iada ipeningkatan iketerampilan iberbicara isiswa idengan imenggunakan imetode ibermain iperan ipelajaran ibahasa iIndonesia idi ikelas iIV iSD iNegeri i101620 iGunung iManaon iKecamatan iPortibi iKabupaten iPadang iLawas iUtara. i Jenis ipenelitian iini iadalah iPenelitian iTindakan ikelas i(PTK) idengan imenggunakan idua isiklus, idan isetiap isiklus iterdapat i2 ipertemuan. iSatu isiklus iterdiri idari iperencanaan, itindakan ipengamatan, irefleksi. iInstrumen idalam ipenelitian iini iyaitu iberupa ites, idan iobservasi.Berdasarkan ihasil ipenelitian iyang idilakukan, idapat idisimpulkan ibahwa iketerampilan iberbicara isiswa ipada ipelajaran ibahasa iIndonesia imetode ibermain iperan imengalami ipeningkatan idari ites iawal ike isiklus iI, isiklus iI ike isiklus iII. iPada ipra-tindakan ijumlah isiswa iyang ituntas isebanyak i11 isiswa idengan ipersentase i36%. iPada isiklus iI ipertemuan iI imeningkat imenjadi i17 isiswa idengan ipersentase i56%. iPada ipertemuan i2 iterjadi ilagi ipeningkatan, idari i17 isiswa iyang ituntas imenjadi i20 isiswa idengan ipersentase isebesar i66%. iKemudian ipada isiklus iII ipertemuan iI iterjadi ilagi ipeningkatan isebesar i76% idengan ijumlah isiswa iyang ituntas isebanyak i23 isiswa. iPada ipertemuan i2 imeningkat imenjadi i26 isiswa idengan ipersentasi i86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Bermain peran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 08:05 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 08:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10161 |
Actions (login required)
View Item |