Zaitun, Lia (2023) Pengaruh kebiasaan membaca al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik di MTs Al-Azzam Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di MTs Al- Azzam sudah ada jadwal kebiasaan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan pada jadwal yang telah ditentukan, tetapi masih ada akhlak siswa yang masih kurang baik. maka saya ingin meneliti pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak siswa di MTs Al- Azzam Sei rakyat Kecamatan panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-qur’an terhadap akhlak peserta didik di Mts Al- Azzam Sei rakyat Kecamatan panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik di MTs Al- Azzam Sei rakyat Kecamatan panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data kuantitatif. metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah ex post pacto. Adapun populasi Dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTs Al- Azzam Sei rakyat yang terdiri dari 206 dan sampel berjumlah 52. Adapun analisis datanya dengan menggunakan rumus kolerasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik, yang ditemukan angka koefisien regresi sebesar Y= 46,208 + 0, 333 X. Dan perhitungan T_(hitung )> T_tabel (3,968 > 1,67591) maka Ha di terima dan HO di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kebiasaan membaca al-Qur’an (X) dan akhlak peserta didik (Y). Pengaruh yang diberikan kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik memiliki pengaruh sebesar 1,4 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Dwi Maulida Sari, M.Pd |
Keywords: | Membaca al-Qur’an; Akhlak; Peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:57 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10157 |
Actions (login required)
View Item |