Siregar, Rizki Winanda (2023) Upaya pembentukan sikap moderasi beragama pada siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100263.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
SD Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan merupakan Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kota Padangsidimpuan. Di sekolah ini terdapat beragam Agama dan etnis, dengan diterbitkannya buku moderasi beragama oleh Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama Republik Indonesia pada tahun 2019 serta adanya peraturan Menteri Agama bahwa guru Agama dituntut agar bisa memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI SD Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan melakukan upaya pembentukan sikap moderasi beragama kepada siswa melalui beberapa cara yaitu strategi dan metode pembentukan sikap moderasi beragama guna membangun nilai-nilai moderasi beragama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pembentukan sikap moderasi beragama pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan. Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pembentukan sikap moderasi beragama pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui upaya pembentukan sikap moderasi beragama pada siswa kelas V di sekolah dasar negeri 200209 Kota Padangsidimpuan; 2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya pembentukan moderasi beragama pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah SD Negeri 200209 Kota Padangsidimpuan. Untuk subjek penelitian ini adalah guru PAI, dan beberapa informan pendukung yaitu; kepala sekolah, guru Agama Kristen, siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan sikap moderasi beragama adalah dengan melakukan pembinaan di dalam maupun di luar kelas menggunakan strategi dan metode. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan memberikan arahan, teladan, baik di dalam maupun di luar kelas dan strategi tidak langsung dengan memberikan larangan dan pencegahan, sedangkan metode yang digunakan adalah metode: a) keteladanan dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa; b) pemberian nasihat dengan memberikan nasihat sebelum dan menjelang berakhirnya pembelajaran; c) kedisiplinann dengan memberikan peraturan; d) pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk mengikuti kegiatan shalat dhuha berjama’ah dan apel; e) pemberian perhatian khusus dengan memperhatikan perkembangan sikap siswa yang mencerminkan moderasi beragama; f) pemberian hukuman dengan memberikan sanksi berupa pengurangan nilai Agama bagi siswa yang melanggar aturan. 2) faktor pendukungnya adalah: a) kekompakkan antar guru mata pelajaran; b) aturan kepala sekolah yang mewajibkan semua guru untuk mengisi apel, c) penerimaan dari orang tua siswa dan sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) siswa yang sulit diatur, dan b) siswa yang kurang memperhatikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.Ag dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Guru PAI; Sikap moderasi beragama; Pembentukan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:12 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10149 |
Actions (login required)
View Item |