Nur, Muhammad (2023) Strategi guru dalam membina aqidah anak Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Strategi guru adalah daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Strategi pengajaran yang dilakukan guru di Kelas VI Sekolah Dasar (SD) Negeri 100221 Bina Sari dalam mengajarkan materi menjadi hal yang menarik untuk diteliti dikarenakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 100221 Bina Sari, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar yang mengajarkan ilmu, akan tetapi menekankan kepada penanaman iman (aqidah), agar siswa dapat mengamalkan nilai-nilai keimanan, sehingga siswa-siswa akan mengetahui bahwa segala sesuatu hal yang dilakukan selalu akan mengingatkan kepada Allah SWT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)bagaimanakah starategi guru dalam membina akidah anak, 2)kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak, 3)apa saja solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan akidah anak di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui apa saja solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data kelapangan melalui observasi dan wawancara kepada guru-guru di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100221 Bina Sari Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil dari penelitian ini adalah: Strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan akidah bagi anak didiknya adalah strategi ekspositori, kontekstual, dan metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode drill, metode bervariasi dan pendekatan individual. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak di Sekolah Dasar 100221 Bina Sari adalah pengkondisian anak di dalam ataupun di luar kelas, Menghadapi seorang anak yang bermasalah, Sifat dan. Solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di Sekolah Dasar 100221 adalah melakukan pendekatan-pendekatan, mengevaluasi perkembangan anak, mengadakan observasi, menulis Perkembangan Anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Strategi guru dalam membina aqidah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:47 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10143 |
Actions (login required)
View Item |