Caniago, Jeni Wahyuni (2023) Determinan keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Beragam pelayanan ekspedisi ditawarkan untuk menarik minat konsumen. Hal ini menjadi tolak ukur bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas perusahaan khususnya di kota Padangsidimpun. Banyak masyarakat memilih menggunakan layanan ekspedisi J&T Express, padahal banyak jasa ekspedisi merek lain yang beredar di masyarakat. Meskipun berdasarkan hasil Top Brand Award khusus jasa ekspedisi, perusahaan J&T Express dapat dikatakan baik, namun perusahan ekspedisi ini tidak menjadi favorit masyarakat, bahkan banyak keluhan atau komplain dari pengguna dan data transaksi di J&T Express yang fluktuatif. Beberapa tanggapan konsumen menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan jasa ekspedisi J&T express dianggap kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah brand image (citra merek) dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express di kota Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini untuk menambah wawasan, pengetahuan dan acuan serta referensi dalam penulisan karya ilmiah. Pembahasan penelitian ini behubungan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Dan untuk itu, pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, keputusan penggunaan, brand image (citra merek), dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada 97 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu koefisien determinasi adjusted (R2), uji parsial (t) dan uji simultan (F) serta menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) brand image (citra merek) berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express di kota Padangsidimpuan. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express di kota Padangsidimpuan. Secara simultan brand image dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express di kota Padangsidimpuan. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image dan kualitas pelayanan mempengaruhi variabel keputusan penggunaan jasa pada pengguna J&T Express sebesar 41,9% dan sisanya sebesar 58,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, S.E., M.A dan Idris Saleh, S.E.I., M.E |
Keywords: | Brand image; Kualitas pelayanan; Keputusan penggunaan jasa |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:37 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10095 |
Actions (login required)
View Item |