Tussakhdiyah, Rohima (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) pada tema peduli terhadap makhluk hidup di SD N 101503 Hutatonga Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620500062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh proses pembelajaran IPA pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat pasif sehingga hasil belajar siswa rendah terlihat dari 22 total jumlah siswa terdapat 4 siswa yang tuntas dengan persentase 18,18% dan terdapat 18 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 81,81% berdasarkan persentase tersebut terdapat lebih banyak siswa yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan pada materi hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri 101503 Hutatatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri 101503 Hutatatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus diadakannya dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siklus I sampai siklus II. Dimana, siklus I sampai siklus II. Pada tes awal rata-rata nilai siswa 64,54 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 68,18 menjadi 73,63. Pada siklus II dari 82,72 menjadi 90. Adapun persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada tes awal yaitu 18,18%, kemudian meningkat pada siklus I dari 31,81% menjadi 50%. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa lebih meningkat dari 72,72% menjadi 86,36%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah melewati nilai rata-rata 75 yaitu 88,40 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,36%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Model STAD; Hewan dan tumbuhan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 04:12 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10038 |
Actions (login required)
View Item |