Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian di e-commerce

Silalahi, Gunawan (2023) Analisis perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian di e-commerce. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan ekonomi global dan domestik. Tidak hanya melemah tetapi juga memperlambat laju perekonomian nasional. Salah satu upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Adanya kebijakan PSBB memiliki dampak yang sangat besar terutama pada kegiatan masyarakat di luar rumah. Oleh sebab itu, gaya hidup masyarakat pun berubah terutama dalam hal kegiatan transaksi jual beli. Untuk mengatasi hal tersebut, berbelanja di e-commerce menjadi solusi yang tepat, aman, efektif dan efisien di saat pandemi Covid-19. Masyarakat Padangsidimpuan Utara sebagian besar sudah mengenal e-commerce dan menggunakannya sebagai media belanja selama pandemi Covid-19. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian di e-commerce pada masa pandemi Covid-19 di Padangsidimpuan Utara dan untuk mengetahui perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian di e-commerce pada masa pandemi Covid-19 ditinjau dari perspektif ekonomi Islam di Padangsidimpuan Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumen ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori mengenai perilaku konsumen muslim, keputusan pembelian dan e-commerce. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek Penelitian dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik analisis data menggunakan beberapa langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor yang mendorong perilaku masyarakat Padangsidimpuan Utara memutuskan berbelanja di e-commerce pada masa pandemi Covid-19 antara lain yaitu: Faktor Sosial, Faktor Budaya, dan Faktor Psikologis. Sedangkan perilaku masyarakat Padangsidimpuan Utara dalam memutuskan pembelian di e-commerce pada masa pandemi Covid-19 ditinjau dari perspektif ekonomi Islam sudah sesuai dengan norma dasar perilaku konsumen muslim yaitu membelanjakan harta untuk kebaikan dan menjauhi sifat kikir. Akan tetapi, dalam norma dasar tidak melakukan kemubaziran dan kesederhanaan masyarakat Padangsidimpuan Utara kurang sesuai dengan syariat Islam salah satu faktornya yaitu karena masih membeli barang di luar kebutuhan hanya untuk memenuhi keinginan dan tergiur dengan iklan maupun diskon yang ditawarkan e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, M.Si dan M. Yarham, M.H
Keywords: Perilaku konsumen muslim; Keputusan pembelian; E-commerce
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:00
Last Modified: 20 Dec 2023 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9998

Actions (login required)

View Item View Item