Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah tabungan IB Prima pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan

Sari, Alpina (2023) Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah tabungan IB Prima pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100229.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah nasabah tabungan IB Prima dari tahun 2018 sampai 2021 menunjukkan loyalitas nasabah tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepuasan, komitmen dan kepercayaan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah tabungan IB Prima pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan, komitmen dan kepercayaan secara parsial dan simultan Terhadap loyalitas nasabah tabungan IB Prima pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Pembahasan pada penelitian ini berkaitan dengan pengertian relationship marketing, kepuasan, komitmen dan kepercayaan serta loyalitas nasabah. Teori penelitian ini mencakup tentang hubungan relationship marketing dengan loyalitas nasabah serta karakteristik loyalitas nasabah, indikator loyalitas nasabah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokementasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolenearitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji Koefisien determinasi (R2), dan uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan SPSS versi 23 diperoleh bahwa terdapat pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan, terdapat pengaruh komitmen terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan, dan tidak terdapat pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan, dan bahwa terdapat pengaruh kepuasan, komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil uji determinasi 62,2% variabel kepuasan, komitmen, dan kepercayaan mampun mempengaruhi loyalitas nasabah dan 37,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Kepercayaan; Kepuasan; Komitmen; Loyalitas nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:09
Last Modified: 15 Dec 2023 08:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item