Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh service quality dan relationship quality terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah

Tambunan, Ronal Demantio (2023) Pengaruh service quality dan relationship quality terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100335.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat Pedagang Pasar Sipirok menggunakan jasa Bank Syariah. Sedangkan Pedagang Pasar Sipirok mayoritas Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah service quality dan relationship quality berpengaruh secara silmultan terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara service quality dan relationship quality secara simultan secara terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan minat, service quality dan relationship quality. Minat adalah dorongan dalam diri seseorang yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara efektif, yang menyebabkan dipilihnya suatu objek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan dan lama-kelamaan akan mendatangkan kepuasan dalam dirinya. Service quality adalah penilaian pada kemampuan perusahaan terhadap pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketetapan menyampaikan untuk mengimbangi harapan para pelanggan. Relationship quality adalah suatu proses untuk menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan baik atara bank dan nasabahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan ada;ah data primer. Data diperoleh dengan menyebar angket kepada 54 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji reahabilitasi, ujii asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi berganda, uji hipotesis (uji koefisien determinan, uji parsial, uji simultas). Hasil Penelitian diperoleh nilai R square sebesar 0,723 atau 72,3 % hal ini menunjukkan service quality dan relationship quality mampu menjelaskan variabel dependent minat menggunakan jasa bank syariah. Pada variabel service qaality memiliki thitung sebesar 5,201, nilai ttabel sebesar 1,675. Sehingga thitung>ttabel. Jadi dapat disimpulkan Ha1 diterima artinya ada pengaruh service quality terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah. Pada variabel relationship quality memiliki thitung sebesaar 0,904, niali tatabel sebesar 1,675. Sehingga thitung<ttabel. Jadi dapat disimpulkan Ho2 diterima artinya tidak ada pengaruh relationship quality terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah. Nilai Fhitung sebesar 70.090 sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,41 sehingga Fhitung>Ftabel. Jadi dapat disimpulkan Ha3 diterima, artinya ada pengaruh service quality dan relationship quality terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Minat; Service quality; Relationship quality
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:42
Last Modified: 15 Dec 2023 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9958

Actions (login required)

View Item View Item